Penyebab Stress Setelah Liburan

Anda baru pulang dari liburan, kulitnya masih kecokelatan karena banyak berjemur di pantai atau kaku di kaki tidak hilang karena banyak berjalan menjelajahi kota. Tapi setelah cuti dan kembali bekerja, mengapa perasaan cemas dan stres benar-benar mendominasi?

Perasaan stres post-cruciatum atau yang disebut blues pasca liburan, adalah hal yang biasa untuk dialami setelah mengalami kegembiraan pesta.

"Kembali ke dunia nyata, menghadapi pekerjaan yang terbangun setelah tertinggal, akan menimbulkan rasa cemas, bahkan kesedihan yang bisa mengurangi manfaat liburan yang kita miliki," kata Dr. Josh Klapow, seorang psikolog.

Salah satu pemicu stres adalah kita jarang berlibur, jadi tidak ada strategi untuk menyesuaikan diri kembali dengan rutinitas setelah bepergian.

Efek yang tidak nyaman setelah liburan terkadang membuat orang jadi malas meluangkan waktu libur dan liburan.

Menurut Klapow, masalahnya tidak dalam liburan, tapi bagaimana kita menghadapinya.

"Jika dilakukan dengan benar, liburan bisa mengurangi stres, meremajakan tubuh dan pikiran, dan mengisi ulang baterai emosional saat kembali bekerja," katanya.

Kuncinya sehat itu aku adalah membuat rencana liburan santai dan kelancaran transisi dalam persiapan kerja. "Itu semua tergantung sebelum kita berangkat, selama liburan, dan setelah kembali ke rumah," katanya.

Sebelum mengambil cuti untuk berlibur, cobalah menyelesaikan tugas yang memerlukan usaha lebih banyak, seperti menyelesaikan proposal, menanggapi email penting, atau menetapkan janji temu.

Yang tidak kalah penting adalah membiarkan atasan, rekan kerja dan klien Anda tahu bahwa Anda akan cuti. Hal ini penting karena kita tinggal di saat kita bisa menghubungi seseorang 24 jam sehari.

Selama liburan

Untuk mencapai manfaat optimal dari pesta, cobalah untuk tidak memikirkan pekerjaan yang penuh tekanan dengan tidak terus-menerus mencari di email.

Jika posisi Anda cukup penting di perusahaan, ambil 30 menit di pagi hari dan 30 menit di sore hari untuk mengecek email atau menelepon lagi. Strategi ini membantu kita tetap terhubung dengan pekerjaan tapi kita tidak merasa terbebani.

Untuk membuat transisi yang mulus, pesan tiket pulang beberapa hari sebelum akhir lisensi. Dengan begitu Anda punya waktu untuk pulih, bersihkan pakaian kotor, dan juga menyesuaikan diri dengan aktivitas sehari-hari.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Waspada! Serbet Dapur Dapat Risiko Sebabkan Keracunan Makanan

Cara Mencegah Bau Mulut Saat Berpuasa