Waspada! Serbet Dapur Dapat Risiko Sebabkan Keracunan Makanan

Penggunaan serbet dapur berisiko menyebabkan keracunan makanan. Para ilmuwan di Universitas Mauritius memeriksa 100 serbet yang telah digunakan selama sebulan.
Mereka menemukan bahwa serbet lebih mungkin terkena bakteri E.coli. Ini karena serbet digunakan untuk membersihkan peralatan, membersihkan permukaan piring dan kaca dan mengeringkan tangan.
Penggunaan serbet multifungsi meningkatkan kemungkinan kontaminasi silang patogen yang dapat menyebarkan bakteri dan menyebabkan keracunan makanan, BBC melaporkan pada Senin (11/6/2018).
Untuk mencegah serbet mengkontaminasi lebih banyak bakteri, Anda harus mencuci atau mengganti piring secara teratur. Biarkan serbet kering sebelum menggunakannya lagi.
Studi tentang crystal x serbet dapur dipresentasikan pada pertemuan tahunan American Society of Microbiology di Atlanta, Georgia.Bakteri pada serbet
Dari serbet yang dikumpulkan, 49 persen telah meningkatkan pertumbuhan bakteri dalam jumlah. Dari 49 sampel kompres positif untuk bakteri, 36,7 persen mengandung bakteri coliform, sekelompok bakteri milik E. coli.
Sebanyak 14,3 persen bakteri Staphylococcus aureus. E. coli adalah bakteri umum yang ditemukan di usus manusia dan hewan. Sebagian besar bakteri ini tidak berbahaya, tetapi beberapa jenis dapat menyebabkan keracunan makanan.
Kehadiran E. coli menunjukkan kebersihan yang buruk, menurut ilmuwan Susheela Biranjia-Hurdoyal. Staphylococcus lebih mungkin ditemukan di serbet keluarga dengan anak-anak dan pada tingkat sosial ekonomi yang lebih rendah.
Staphylococcus dapat menyebabkan keracunan makanan karena bakteri berkembang biak dengan cepat pada suhu kamar. Bakteri ini menghasilkan racun yang menyebabkan penyakit.Cegah bakteri menyebar di dapur
Ada beberapa cara untuk mencegah penyebaran bakteri di dapur.
Ganti lap piring dan serbet secara teratur.Beberapa ahli menyarankan, ganti serbet dapur setiap hari atau di hari memasak Anda.Penggunaan serbet sekali pakai atau serbet kertas akan menghentikan penyebaran kuman.Pastikan bahwa permukaan peralatan makanan bersih sebelum digunakan.Gunakan talenan terpisah untuk makanan mentah, seperti daging mentah dan masakan yang tidak perlu.Cuci dan keringkan tangan Anda setelah memegang makanan, seperti daging mentah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penyebab Stress Setelah Liburan

Cara Mencegah Bau Mulut Saat Berpuasa