Kenali Gejala-Gejala Kanker Ovarium Pada Wanita

Ovarium adalah organ reproduksi wanita yang bertanggung jawab memproduksi sel telur dan mengeluarkan hormon estrogen dan progesteron. Anda sebagai wanita harus mengetahui gejala kanker ovarium yaitu "silent killer", karena 80 persen kasus yang ditemukan biasanya memasuki stadium lanjut.

Berikut adalah cara melancarkan haid gejala kanker ovarium yang harus Anda ketahui, seperti dikutip Boldsky, Sabtu (23/09/2017).

1. Sakit perut tidak pasti

Tumor ovarium akan tumbuh dan merusak ovarium. Selain itu, tumor akan memberi tekanan pada organ dalam rongga perut dan sekitarnya. Otak Anda akan merespons rasa sakit yang menyebabkan ketidaknyamanan di daerah perut dan panggul.

2. Puas cepat setelah makan

Tumor akan menyerang organ dalam perut Anda. Tekanan ini akan menyebabkan rongga perut menyempit sehingga Anda akan merasa kenyang dengan cepat.

3. Sulit makan, pencernaan dan sembelit yang tak tertahankan

Salah satu tanda paling umum dari pasien kanker adalah hilangnya nafsu makan dan penurunan berat badan drastis dalam waktu singkat. Hal yang sama juga diamati pada pasien kanker ovarium, jadi sebaiknya Anda lebih waspada saat mengalaminya.

4. Frekuensi kemih meningkat

Hal ini disebabkan tekanan tumor ovarium di kandung kemih. Anda harus sadar jika Anda sering buang air kecil meski hanya minum sedikit air. Kondisi ini mirip dengan gejala saat Anda sedang hamil, dan akan memberikan hasil tes kehamilan positif palsu. Jika Anda mengalami gejala ini jika tidak hamil, Anda harus lebih waspada.

5. Kelelahan

Kondisi fisik Anda yang melemah setiap hari bisa menjadi pertanda siklus menstruasi kanker ovarium (meski bisa jadi pertanda banyak penyakit dan kondisi lainnya juga). Karena itu, jika Anda merasa lelah sepanjang hari setelah cukup istirahat, mengalami sakit perut dan sering buang air kecil, Anda mungkin terkena kanker ovarium.

6. Siklus Menstruasi

Siklus menstruasi yang tidak teratur juga terjadi pada Polycystic Ovarian Syndrome (PCOS). Dianjurkan untuk berkonsultasi dengan ginekolog untuk pemeriksaan yang lebih rinci.

7. Sakit saat berhubungan seks

Bila Anda merasa sakit saat bercinta saat Anda memiliki cukup foreplay dan menggunakan teknik seks yang aman, Anda harus memikirkan tentang kanker ovarium. Anda bisa menambahkan dua atau tiga ke daftar gejala sebelumnya yang bisa Anda temukan di dalam diri Anda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Waspada! Serbet Dapur Dapat Risiko Sebabkan Keracunan Makanan

Penyebab Stress Setelah Liburan

Cara Mencegah Bau Mulut Saat Berpuasa